Monday, April 2, 2012

Java - ARRAY


Bagaimana sudah cukup jelas untuk pendeklarasian pada java? Nah sekarang kita akan mempelajari hal inti yang sering dipelajari dari java , yaitu ARRAY ! ,


 codingan dan penjelasan sebagai berikut , pahami dan praktekan
class Array {

  // Deklarasi atribut
  private SegiEmpat A[]; //membuat array SegiEmpat
  private int ptrElmt; // membuat pointer
  private int n = 10;


  // Definisi method
  // Prosedur untuk menciptakan sebuah array kosong
  public void createEmptyArray() {
    A = new SegiEmpat[n];
    ptrElmt = -1; // pointer berada di kondisi awal
    System.out.println("Array kosong sudah di-create...");
  }

  // Prosedur untuk menambahkan satu elemen kedalam array
  public void addElement(SegiEmpat s) {
    if (!isFull()) {
      ptrElmt++;
      A[ptrElmt] = s;
      System.out.println("Elemen sudah ditambahkan...");
    }
    else
      System.out.println("Array sudah penuh!");
  }

  // Prosedur untuk menghapus elemen terakhir
  public void delElement() {
    if (!isEmpty()) {
      ptrElmt--;
      System.out.println("Elemen terakhir dihapus...");
    }
    else
      System.out.println("Array kosong!");
  }

  // Prosedur untuk menampilkan seluruh elemen array jika tidak kosong
  public void displayAllElement() {
    // Cek apakah array tidak kosong
    if (!isEmpty())
      // Tampilkan seluruh elemen jika array tidak kosong
      for (int i=0; i<=ptrElmt; i++) {
        System.out.println("\nSegi Empat ke-"+(i+1)+" :");
        System.out.println("Panjang  = "+A[i].getPanjang());
        System.out.println("Lebar    = "+A[i].getLebar());
        System.out.println("Luas     = "+A[i].Luas());
        System.out.println("Keliling = "+A[i].Keliling());
      }
    else
      // Beri pesan
      System.out.println("Array kosong!");
  }

  // Mencari elemen tertentu dari array
  public int searchElement(SegiEmpat s) {
    // Deklarasi sentinel
    int lok = -9999;

    // Proses pencarian elemen
    for (int i=0; i<=ptrElmt; i++) {
      if ((A[i].getPanjang()==s.getPanjang()) && (A[i].getLebar()==s.getLebar())) {
        lok = i;
        break;
      }
    }
    return lok;
  }

  // Method tambahan
  private boolean isEmpty() {
    return (ptrElmt == -1);
  }

  private boolean isFull() {
    return (ptrElmt == (n-1));
  }
}

Java - Pendeklarasian


Setelah anda memahami tahap codingan HelloWorld sekarang kita pelajari tentang deklarasi pada java, jadi bila kita ingin membangun suatu program utama dimana nantinya dibutuhkan untuk membangun program tersebut , kita memerlukan pendeklarasian terlebih dahulu


disini kita akan membuat deklarasi" untuk membangun sebuah segiempat menggunakan method dan constructor sebagai berikut :

class SegiEmpat {

  // Deklarasi atribut
  private float panjang,lebar; // mendeklarasikan unsur yang ada untuk membangun segiempat

  // Definisi method
  // Selector
  public float getPanjang() { //menyatakan nilai panjang
    return (panjang);
  }

  public float getLebar() { // menyatakan nilai lebar
    return (lebar);
  }

  // Accessor
  public void setPanjang(float p) { // mengambil nilai panjang yang di inputkan user
    panjang = p;
 }
  public void setLebar(float l) { // mengambil nilai lebar yang di inputkan user
    lebar = l;
  }

  // Fungsi untuk menghitung luas dan keliling
  public float Luas() {
    return (panjang*lebar);
  }

  public float Keliling() {
    return (2*(panjang+lebar));
  }
}


Java - Display Program [Segiempat]

Hasil Tampilan dari codingan

DriverArray.java (program utama) : http://rezaakhmadg.blogspot.com/2012/04/java-program-utamasegiempat.html
Array.java (array) : http://rezaakhmadg.blogspot.com/2012/04/java-array.html
SegiEmpat.java (pendeklarasian) : http://rezaakhmadg.blogspot.com/2012/04/java-pendeklarasian.html

Simpan dalam satu folder yang sama dan run DriverArray.java , dan akan mengeksekusi program seperti berikut
: