Friday, June 8, 2012

Jadwal lengkap EURO 2012

Jadwal lengkap EURO 2012

GRUP A EURO 2012:

Polandia vs Yunani, 8 Juni pkl 23.00 WIB, Warsaw
Rusia vs Rep Ceko, 9 Juni pkl 01.45 WIB, Wroclaw
Yunani vs Rep Ceko, 12 Juni pkl 23.00 WIB, Wroclaw
Polandia vs Rusia, 13 Juni pkl 01.45 WIB, Warsaw
Yunani vs Rusia, 16 Juni pkl 01.45 WIB, Warsaw
Rep. Ceko vs Polandia, 17 Juni pkl 01.45 WIB, Wroclaw

GRUP B EURO 2012 :

Belanda vs Denmark, 9 Juni pkl 23.00 WIB, Kharkiv
Jerman vs Portugal, 10 Juni pkl 01.45 WIB, Lviv
Denmark vs Portugal, 13 Juni pkl 23.00 WIB, Lviv
Belanda vs Jerman, 14 Juni pkl 01.45 WIB, Kharkiv
Portugal vs Belanda, 17 Juni pkl 01.45 WIB, Kharkiv
Denmark vs Jerman, 18 Juni pkl 01.45 WIB, Lviv

GRUP C EURO 2012:

Spanyol vs Italia, 10 Juni pkl 23.00 WIB, Gdansk
Irlandia vs Kroasia, 11 Juni pkl 01.45 WIB, Poznan
Italia vs Kroasia, 14 Juni pkl 23.00 WIB, Poznan
Spanyol vs Irlandia, 15 Juni pkl 01.45 WIB, Gdansk
Kroasia vs Spanyol, 18 Juni pkl 01.45 WIB, Gdansk
Italia vs Irlandia, 19 Juni pkl 01.45 WIB, Poznan

GRUP D EURO 2012:

Perancis vs Inggris, 11 Juni pkl 23.00 WIB, Donetsk
Ukraina vs Swedia, 12 Juni pkl 01.45 WIB, Kiev
Swedia vs Inggris, 15 Juni pkl 23.00 WIB, Kiev
Ukraina vs Perancis, 16 Juni pkl 01.45 WIB, Donetsk
Swedia vs Perancis, 19 Juni pkl 01.45 WIB, Kiev
Ingris vs Ukraina, 20 Juni pkl 01.45 WIB, Donetsk

PEREMPAT FINAL EURO 2012:

Juara A vs Runner up B , 21 Juni pkl 01.45 WIB, Warsaw (I)
Juara B vs Runner up A, 22 Juni pkl 01.45 WIB, Gdansk (II)
Juara C vs Runner up D, 23 Juni pkl 01.45 WIB, Donetsk (III)
Juara D vs Runner up C, 24 Juni pkl 01.45 WIB, Kiev (IV)

SEMIFINAL EURO 2012:

Pemenang I vs Pemenang II, 27 Juni pkl 01.45 WIB, Donetsk (A)
Pemenang III vs Pemenang IV, 28 Juni pkl 01.45 WIB, Warsaw (B)

FINAL EURO 2012:

Pemenang A vs Pemenang B, 1 Juli pkl 01.45 WIB, Kiev

Saturday, June 2, 2012

Persamaan perbedaan Divide and conquer dengan pemrograman dinamis

apa sih perbedaan dan persamaan antara divide n conquer dengan pemrograman dinamis ?

persamaan : sama sama di bagi ke dalam  beberapa modul.
perbedaan : divide and conquer di selesaikan perkelompok sedangkan dynamic di selesaikan mulai tahap 1 hingga selesai.

Menghilangkan efek kamera error di GTA 4?

share aja nih sewaktu pertama kali saya menginstall GTA 4 tuh ada error di kamera seperti orang yang lagi mabuk, memang nama error itu drunken camera, jadi seakan si player lagi mabuk. jadi pusing kan bagi kita buat mainnya juga nih ada solusinya.

pertama2 anda harus mendownload patch di bwah ini http://www.mediafire.com/?6tv5r953r6rur1z , kemudian extract file nya di folder mana saja








kemudian run gta4_maintanance nya, sesudah di run , copy semua file yang terdapat di folder Razor1911 ke dalam file install gta4 yang ada di program files, kemudian jalankan gta 4 :)

Wednesday, May 30, 2012

DDL dalam SQL

Haloo............... kembali menulis lagi nih mumpung lagi seneng" nya share :D.
langsung aja ya ke topik, jadi disini saya mw share DDL dalam SQL, tapi g share semuanya karena banyak jadi ambil yang paling penting dan paling banyak digunain aja yaa...

yang pertama cara buat tabel beserta constraint nya.. kita coba buat tabel pegawai ( asumsi tabel yang lain itu ada dan telah dibuat) dengan ketentuan
employee_id : number(6) primary key
name : varchar(20) not null
email : varchar(25) unique
phone_number : varchar(20) unique
hire_data : date not null,
salary : number(8) check>0
commision_pct : number (2) dengan precision 2
job_id : varchar(10) foreign key dari tabel jobs
department_id : number(4) foreign key dari tabel departments
manager_id : number(6) foreign key dari tabel employees(employee_id) --> buat jadi self join

nih ini sintaks nya: ( ingat asumsi tabel seperti jobs dan departments sudah ada)


create table employees(
employee_id number(6) constraint pk_employee primary key,
name varchar2(20) not null,
email varchar2(25) constraint unique_email unique,
phone_number varchar(20) constraint unique_phone unique,
hire_data date not null,
salary number(8) constraint check_salary check(salary>0),
commision_pct number(2,2) ,
job_id varchar2(10),
department_id number(4),
manager_id number(6),
constraint fk_job foreign key (job_id) references jobs on delete cascade,
constraint fk_dept foreign key (department_id) references departments on delete cascade,
constraint fk_manager foreign key (manajer_id) references employees(employee_id) on delete cascade
);

secara garis besar sintaks di atas sudah menjelaskan sebagian besar materi dll.

semisalnya tabel di atas mau di drop tinggal ketik
drop table employees;

semisalnya lagi kalau tabel diatas tersebut ada yg mau kita ubah atau atur lagi kolom" nya
untuk add kolom:
alter table employee tgl_lahir date;

untuk modify tipe data:
alter table employee modify name varchar2(50) not null;

untuk menghapus kolom:
drop table employee
drop column tgl_lahir;

atau mungkin mau merubah nama tabel / rename nama tabel :
rename employees to pegawai;

atau yang terakhir mau menghapus semua data dari tabel dengan truncate :
truncate employees;

nah mungkin ini saja yang bisa saya share :) , sekian terima kasih

Monday, May 28, 2012

Penjelasan BUS ( Interkoneksi antar bagian utama komputer)


Bus merupakan lintasan komunikasi yang menghubungkan dua atau lebih perangkat komputer. Karakteristik penting sebuah bus adalah bahwa bus merupakan media transmisi yang dapat digunakan bersama. Sejumlah perangkat yang terhubung ke bus dan suatu sinyal yang ditransmisikan oleh salah satu perangkat ini dapat ditermia oleh salah satu perangkat yang terhubung ke bus. Bila dua buah perangkat melakukan transmisi dalam waktu yang bersamaan, maka sinyal-sinyalnya akan bertumpang tindih dan menjadi rusak. Dengan demikain, hanya sebuah perangkat saja yang akan berhasil melakukan transimi pada suatu saat tertentu.

Fungsi Bus : membawa data antar bagian utama komputer , data berupa data atau intruksi


 Komponen utama komputer
  • MAR : Tempat untuk menampung alamat memori berikutnya yang akan dibaca/ditulis
  • MBR : Tempat untuk menampung data yang akan ditulis ke memori atau data yang akan dibaca dari memori
  • I/O AR : Tempat untuk menampung alamat device yang akan dikontrol
  • I/O BR : Digunakan untuk menampung data yang dipertukarkan antara device dengan CPU
  • IR : Menyimpan Intruksi yang baru saja di ambil
  • PC : Menyimpan alamat intruksi berikutnya
STRUKTUR BUS
Sebuah bus sistem terdiri dari 50 hingga 100 saluran yang terpisah. Masing-masing saluran ditandai dengan arti dan fungsi khusus. Walaupun terdapat sejumlah rancangan bus yang berlainan, fungsi saluran bus dapat diklasifikasikan menjadi tiga kelompok, yaitu saluran data, saluran alamat, dan saluran kontrol. Selain itu, terdapat pula saluran distribusi daya yang memberikan kebutuhan daya bagi modul yang terhubung.
  • Saluran Data : Saluran data memberikan lintasan bagi perpindahan data antara dua modul sistem. Saluran ini secara kolektif disebut bus data. Umumnya bus data terdiri dari 8, 16, 32 saluran, jumlah saluran diakitakan denang lebar bus data. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat dipindahkan pada suatu saat. Lebar bus data merupakan faktor penting dalam menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Misalnya, bila bus data lebarnya 8 bit, dan setiap instruksi panjangnya 16 bit, maka CPU harus dua kali mengakses modul memori dalam setiap siklus instruksinya.
  • Saluran Alamat : Saluran alamat digunakan untuk menandakan sumber atau tujuan data pada bus data. Misalnya, bila CPU akan membaca sebuah word data dari memori, maka CPU akan menaruh alamat word yang dimaksud pada saluran alamat. Lebar bus alamat akan menentukan kapasitas memori maksimum sistem. Selain itu, umumnya saluran alamat juga dipakai untuk mengalamati port-port input/outoput. Biasanya, bit-bit berorde lebih tinggi dipakai untuk memilih lokasi memori atau port I/O pada modul.
  • Saluran Kontrol :Saluran kontrol digunakan untuk mengntrol akses ke saluran alamat dan penggunaan data dan saluran alamat. Karena data dan saluran alamat dipakai bersama oleh seluruh komponen, maka harus ada alat untuk mengontrol penggunaannya. Sinyal-sinyal kontrol melakukan transmisi baik perintah maupun informasi pewaktuan diantara modul-modul sistem. Sinyal-sinyal pewaktuan menunjukkan validitas data dan informasi alamat. Sinyal-sinyal perintah mespesifikasikan operasi-operasi yang akan dibentuk. Umumnya saluran kontrol meliputi : memory write, memory read, I/O write, I/O read, transfer ACK, bus request, bus grant, interrupt request, interrupt ACK, clock, reset.
 
ELEMEN-ELEMEN RANCANGAN BUS

JENIS BUS
Saluran bus dapat dipisahkan menjadi dua tipe umum, yaitu dedicated dan multiplexed. Suatu saluran bus didicated secara permanen diberi sebuah fungsi atau subset fisik komponen-komponen komputer.

Sebagai contoh dedikasi fungsi adalah penggunaan alamat dedicated terpisah dan saluran data, yang merupakan suatu hal yang umum bagi bus. Namun, hal ini bukanlah hal yang penting. Misalnya, alamat dan informasi data dapat ditransmisikan melalui sejumlah salurah yang sama dengan menggunakan saluran address valid control. Pada awal pemindahan data, alamat ditempatkan pada bus dan address valid control diaktifkan. Pada saat ini, setiap modul memilki periode waktu tertentu untuk menyalin alamat dan menentukan apakah alamat tersebut merupakan modul beralamat. Kemudian alamat dihapus dari bus dan koneksi bus yang sama digunakan untuk transfer data pembacaan atau penulisan berikutnya. Metode penggunaan saluran yang sama untuk berbagai keperluan ini dikenal sebagai time multiplexing.

Keuntungan time multiplexing adalah memerlukan saluran yang lebih sedikit, yang menghemat ruang dan biaya. Kerugiannya adalah diperlukannya rangkaian yang lebih kompleks di dalam setiap modul. Terdapat juga penurunan kinerja yang cukup besar karena event-event tertentu yang menggunakan saluran secara bersama-sama tidak dapat berfungsi secara paralel.

Dedikasi fisik berkaitan dengan penggunaan multiple bus, yang masing-masing bus itu terhubung dengan hanya sebuah subset modul. Contoh yang umum adalah penggunaan bus I/O untuk menginterkoneksi seluruh modul I/O, kemudian bus ini dihubungkan dengan bus utama melalui sejenis modul adapter I/O. keuntungan yang utama dari dedikasi fisik adalah throughput yang tinggi, harena hanya terjadi kemacetan lalu lintas data yang kecil. Kerugiannya adalah meningkatnya ukuran dan biaya sistem.

METODE ARBITRASI
Di dalam semua sistem keculai sistem yang paling sederhana, lebih dari satu modul diperlukan untuk mengontrol bus. Misalnya, sebuah modul I/O mungkin diperlukan untuk membaca atau menulis secara langsung ke memori, dengan tanpa mengirimkan data ke CPU. Karena pada satu saat hanya sebuah unit yang akan berhasil mentransmisikan data melalui bus, maka diperlukan beberapa metodi arbitrasi. Bermacam-macam metode secara garis besarnya dapat digolongkan sebagi metode tersentraslisasi dan metode terdistribusi. Pada metode tersentralisasi, sebuah perangkat hardware, yang dikenal sebagai pengontrol bus atau arbitrer, bertanggung jawab atas alokasi waktu pada bus. Mungkin perangkat berbentuk modul atau bagian CPU yang terpisah. Pada metode terdistribusi, tidak terdapat pengontrol sentral. Melainkan, setiap modul terdiri dari access control logic dan modul-modul bekerja sama untuk memakai bus bersama-sama. Pada kedua metode arbitrasi, tujuannya adalah untuk menugaskan sebuah perangkat, baik CPU atau modul I/O, bertindak sebagai master. Kemudian master dapat memulai transfer data (misalnya, membaca atau menulis) dengan menggunakan perangkat-perangkat lainnya, yang bekerja sebagai slave bagi pertukaran data yang khusus ini.


TIMING
Timing berkaitan dengan bagaimana terjadinya event yang dikoordinasikan pada bus. Dengan timing yang synchronous, terjadinya event pada bus ditentukan oleh sebuah pewaktu (clock). Bus meliputi sebuah saluran, waktu tempat pewaktu mentrasmisikan rangkaian bilangan 1 dan 0 dalam durasi yang sama. Sebuah transmisi 1-0 dikenal sebagai siklus waktu atau siklus bus dan menentukan bersarnya slot waktu. Semua perangkat lainnya pada bus dapat membaca saluran waktu dan semua event dimulai pada awal siklus waktu.  Gambar di samping menujukkan diagram penentuan bagi operasi pembacaan sinkron. Sinyal-sinyal bus lainnya dapat berubah pada ujung muka sinyal waktu dengan diikuti sedikit reaksi delay. Sebagian besar event mengisi suatu siklus waktu. Di dalam contoh sederhanya ini, CPU mengeluarkan sinyal baca dan menempatkan alamat memori pada bus alamat. CPU juga mengeluarkan sinyal awal untuk menandai keberadaan alamat dan informasi kontrol pada bus. Modul memori mengetahui alamat itu, dan setelah delay 1 siklus menempatkan data dan sinyal balasan pada bus.

Sedangkan pada timing asinkron, terjadinya sebuah event pada bus mengikuti dan tergantung pada event sebelumnya. Dalam contoh gambar di atas, CPU menempatkan alamat dan membaca sinyal pada bus. Setelah berhenti untuk memberi kesempatan sinyal ini menjadi stabil, CPU mengeluarkan sinyal MSYN (master syn) yang menandakan keberadaan alamat yang valid dan sinyal kontrol. Modul memori memberikan respons dengan data dan sinyal SSYN (slave syn) yang menunjukkan respon.

Timing sinkron lebih mudah untuk diimplementasikan dan diuji. Namun timing ini kurang fleskibel dibandingkan dengan timing asinkron. Karena semua perangkat pada bus sinkron terkait dengan kelajuan pewaktu yang tetap, maka sistem tidak dapat memanfaatkan peningkata kinerja. Dengan menggunakan timing asinkron, campuran antara perangkat yang lamban dan cepat, baik dengan menggunakan teknologi lama maupun baru, dapat menggunakan bus secara bersama-sama.

LEBAR BUS
Lebar bus dinyatakan dengan satuan bit dan kecepatan bus dinyatakan dalam satuan MHz Lebar bus data dapat mempengaruhi kinerja sistem. Semakin lebar bus data, semakin besar bit yang dapat ditransferkan pada suatu saat. Lebar bus alamat mempunyai pengaruh pada kapasistas sitem. Semakin lebar bus alamat, semakin besar pula range lokasi yang dapat direferensi.

JENIS TRANSFER DATA
Suatu bus mendukung bermacam-macam transfer data. Semua bus mendukung transfer baca (master ke slave) dan transfer tulis (slave ke master). Pada semua multiplexed address/data bus, pertama-tama bus digunakan untuk menspesifikasikan alamat dan kemudian untuk melakukan transfer data. Untuk operasi baca, biasanya terdapat waktu tunggu pada saat data sedang diambil dari slave untuk ditaruh pasda bus. Baik bagi operasi baca maupun tulis, mungkin juga terdapt delay bila hal itu diperlukan untuk melalui arbitrasi agar mendapatkan kontrol  bus untuk sisa operasi (yaitu, mengambil alih bus untuk melakukan request baca atau tulis, kemudian mengambil alih lagi bus untuk membentuk operasi vaca atau tulis.
Pada alamat dedicated dan bus-bus data, alamat ditaruh ada bus alamat dan tetap berada di sana selama data tersimpan pada bus data. Bagi operasi tulis, master menaruh data pada bus data begitu alamat telah staabil dan slave telah mempunyai kesempatan untuk mengetahui alamatnya. Bagi operasi baca, slave menaruh data pada bus dan begitu slave mengetahui alamtnya dan telah mengambil data.
Terdapt pula beberapa kombinasi operasi yang diizinkan oleh sebagian bus. Suatu operasi baca-modifikasi-tulis merupakan sebuah oerasi baca yang diikuti oleh operasi tulis ke alamat yang sama. Alamat hanya di-broadcast satu kali saja pada awal operasi. Baiasanya urutan operasi secara keseluruhan tidak dapat dibagi-bagi untuk menjaga setiap akses ke element data oleh master-master bus lainnya. Tujuan utama dari kemampuan ini adalah untuk melindungi sumber daya memori yang dapat dipakai bersama di dalam sistem multiprogramming.
Operasi read-after-write merupakan operasi yang tidak dapat dibagi-bagi yang berisi operasi tulis yang diikuti oleh operasi baca dari alamat yang sama. Operasi baca dibentuk untuk tujuan pemeriksaan.
Sebagian sistem bus juga mendukung trasnfer data blok. Dalam hal ini, sebuah siklus alamat diikuti oleh n siklus data. Butir data pertama ditransfer ke almat tertentu atau ditransfer dari alamat tertentu. Butir-butir data lainnya ditransfer ke alamat berikutnya atau ditransfer dari alamat sebelumnya

sumber : www.risyana.wordpress.com