Friday, June 20, 2014

Contoh Ekspor, Impor, Licensing, Franching, dan Joint venture

Contoh Ekspor, Impor, Licensing, Franching, dan Joint venture

EKSPOR :
  1. PT. Wilmar Nabati Indonesia (pengekspor minyak sawit mentah/Crude Palm Oil). Berdasarkan data dari Kementerian Perindustrian, pada tahun 2011, sektor pengolahan kelapa/kelapa sawit memegang peranan sebesar 18,97 % dari total nilai ekspor di Indonesia, atau senilai 23.179.189.217 dolar US. PT. Wilmar Nabati Indonesia, menurut MP Tumanggor (Komisaris PT. Wilmar Nabati Indonesia), memiliki nilai ekspor sebesar 7,9 miliar dolar US, atau 34 persen dari seluruh total nilai ekspor kelapa/kelapa sawit di Indonesia pada tahun 2011.
  2. PT. Adaro Indonesia (pengekspor tambang batu bara). Berdasarkan data dari Kementerian Perindustrian, pada tahun 2010, sektor pertambangan memegang peranan sebesar 16,93 % dari total nilai ekspor di Indonesia, atau senilai 26.712.581.107 dolar US. PT. Adaro Indonesia memiliki nilai ekspor sebesar 1.749.363.540 dolar US, atau 6,54 persen dari seluruh total nilai ekspor sektor pertambangan di Indonesia pada tahun 2010.
  3. PT. Musim Mas (pengekspor minyak sawit mentah/Crude Palm Oil). Berdasarkan data dari Kementerian Perindustrian, pada tahun 2010, sektor pengolahan kelapa/kelapa sawit memegang peranan senilai 17.253.751.946 dolar US.PT. Musim Mas memiliki nilai ekspor sebesar 1.614.739.578 dolar US, atau 9,3 persen dari seluruh total nilai ekspor kelapa/kelapa sawit di Indonesia pada tahun 2011.

IMPOR :
  1. PT. Fishindo Kusuma Sejahtera, Tbk. (pengimpor kedelai). Pada tahun 2011, PT. Fishindo Kusuma Sejahtera, Tbk membukukan nilai impor kedelai yang sangat tinggi yaitu 296 juta dolar US atau sekitar Rp. 2.7 triliun.
  2. PT. Astra Honda Motor (pengimpor kendaraan bermotor). Saat ini, banyak sekali kendaraan bermotor, khususnya sepeda motor, dengan merek dagang Honda. Sepanjang semester awal 2013, PT. AHM sudah mengimpor motor utuh/CBU (Completely Build-Up) sebanyak 9.576 unit atau setara dengan 32,04 % dari keseluruhan volume impor.
Licensing :

  1. PT Sido Muncul adalah pabrik jamu tradisional dengan menggunakan mesin-mesin mutakhir. Berdiri pada tahun 1940 di Yogyakarta, dan dikelola oleh Ny. Rahkmat Sulistio, Sido Muncul yang semula berupa industri rumahan ini secara perlahan berkembang menjadi perusahaan besar dan terkenal seperti sekarang ini. Salah satu produknya adalah tolak angin
  2. Starbucks pertama dibuka di Seattle, Washington, pada tanggal 30 Maret 1971 oleh tiga rekanan: guru bahasa Inggris Jerry Baldwin, guru sejarah Zev Siegl, dan penulis Gordon Bowker. Ketiganya terinspirasi oleh pengusaha panggangan kopi Alfred Peet, yang mereka kenal secara pribadi, untuk menjual biji kopi berkualitas tinggi beserta peralatannya. Awalnya, perusahaan ini hendak diberi nama Pequod yang diambil dari nama kapal pemburu Moby-Dick, tetapi nama ini ditolak oleh sejumlah pendiri pendamping. Perusahaan ini akhirnya diberi nama sesuai namamualim satu kapal Pequod, Starbuck.
Franchising :
  1. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk ialah suatu perusahaan yang bergerak pada bisnis waralaba swalayan yang menjual barang-barang keperluan sehari-hari. Dengan trandmark Alfa. yang kini sahamnya dimiliki oleh PT. Sigmantara Alfindo. Untuk menembus pasar di perkampungan, Alfa meluncurkan Alfamart yang mempunyai saingan utama Alfa Supermarket (dibeli oleh Carrefour dan berubah menjadi Carrefour Express), Alfamidi, Alfa express, Indomaret dan Omi.
  2. Indomaret adalah jaringan peritel waralaba di Indonesia. Merek dagang Indomaret dipegang oleh PT. Indomarco Prismatama.Indomaret merupakan jaringan Minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan luas penjualan kurang dari 200 M2. Dikelola oleh PT Indomarco Prismatama, cikal bakal pembukaan Indomaret di Kalimantan dan toko pertama dibuka di Ancol, Jakarta Utara, pada tahun 1988.Tahun 1997 perusahaan mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah Indomaret teruji dengan lebih dari 230 gerai. Pada Mei 2003 Indomaret meraih penghargaan “Perusahaan Waralaba 2003″ dari Presiden Megawati Soekarnoputri.Hingga Mei 2010 Indomaret mencapai 4261 gerai. Dari total itu 2.444 gerai adalah milik sendiri dan sisanya 1.817 gerai waralaba milik masyarakat, yang tersebar di kota-kota di Jabotabek, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogjakarta, Bali, Lampung dan Medan. Di DKI Jakarta terdapat sekitar 488 gerai.
  3. Ayam Bakar Wong Solo. Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo sekarang telah ada 50 menu. Jumlah gerai RM Ayam Bakar Wongsolo sudah lebih dari 100 outlet yang tersebar diantaranya di Medan, Banda Aceh, Padang, Solo, Denpasar, Pekanbaru, Surabaya, Semarang, Jakarta, Malang, Yogyakarta dan mulai merambah Sulawesi. Usaha yang berawal dari Ayam Bakar Wong Solo kaki lima di Jalan SMA 2 Padang Golf Polonia Medan ini juga berhasil membuka 5 outlet di Malaysia.

JOINT Venture:
  1. PT Kalbe Farma Tbk membentuk perusahaan joint venture dengan PT Milko Beverage Industry untuk memproduksi makanan dan minuman kesehatan, menurut direksi perseroan. Perusahaan joint venture itu diberi nama PT Kalbe Milko Indonesia.
  2. PT HONG YI INDONESIA Perusahaan ini mengadopsi modus venture ekuitas patungan untuk manufaktur. Dengan keunggulan diri yang unik ini Perusahaan ini mampu menjamin hubungan kerjasama erat dengan produsen dan stabilitas jaminan untuk pasokan bahan, yang dapat membawa keuntungan satu sama lain. PT HONG YI INDONESIA yang berdomisili di batam centre ini telah dikembangkan dan dimiliki tim layanan profesional dan efisien serta kelompok usaha yang mapan. Perusahaan ini sebagai pemasok bahan-bahan bangunaan serta bahan-bahan perabotan lainnya.
  3. PT.  TPCO Pan Asia, Indonesia , merupakan Perusahaan Joint venture antara Airtrust Singapore ptd.ltd dan Tianjin pipe (group) Corporation, china yang berlokasi di kabil, batam. perusahaan ini bergerak di produksi manufakturing pipa  dan Oil gas. Perusahaan ini didirikan  pada tahun 2009 dan Beroperasi pada tahun 2010.Perusahaan ini memproduksi pipa dengan kapasitas 60.000 ton per tahunnya. PT. TPCO Pan Asia ini masih beroperasi di kabil hingga saat ini.

6 comments:

  1. Kepada Yth,
    Bapak/Ibu Pimpinan Bag Import
    Up. Purchasing dept / Import Dept / Marketing Dept.
    Perihal : Penawaran Jasa Customs Clearence Import

    Dalam kesempatan yang baik ini perkenankan kami, PT. Megaton Samudera Asia merupakan perusahaan International Freight Forwarder specialist di dalam bidang pengurusan barang import dan segala keperluan yang berhubungan dengan proses Kepabeanan, baik di area bandara maupun di pelabuhan seluruh nusantara.

    Sebagai dasar pendukung untuk memenuhi segala kebutuhan pelanggan, maka kami telah memiliki serta melengkapi beberapa izin yang diperlukan.

    Product dan Services kami antara lain :
    1. Customs Clearence Service
    2. Sewa Bendera/ Under Name
    3. Door To Door/ Service Dari Negara Asal
    4. Trucking
    5. Sea Freight
    6. Air Freight
    7. Transfer EDI/ PIB
    8. Borongan ( All-In )

    9. Domestik Via Laut, Darat dan Udara ke Seluruh Indonesia

    Mengenai proses pengeluaran Barang Import ataupun Servis lain yang terpilih, diperkuat dengan MOU bermaterai demi terciptanya suatu kepercayaan dan kekuatan Hukum bersama.

    Untuk informasi lebih lanjut mengenai tarif atau biaya yang diperlukan untuk pengurusan Import, Expor, Door to Door, trucking dan biaya-biaya service lainnya yang kami sebutkan diatas, silakan menghubungi kami di Hotline Service kami :

    Demikian surat perkenalan dan penawaran dari kami, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

    Best Regards,
    Jasman

    Executive Import
    Mobile : 0812 8785 700/Wa
    Email : jasman.msa@gmail.com
    ==================================================
    Head Office:
    PT.MEGATON SAMUDERA ASIA

    International Freight Forwading

    Gedung Pembina Graha

    Jl. D.I Panjaitan No.45 Rawa Bunga Jatinegara – Jakarta Timur 13350
    Telp : 021-8591 7799
    Fax : 021-8591 7799

    ReplyDelete
  2. Dengan Hormat,

    Kami PT. Berlian Logistik indonesia merupakan perusahaan International Freight Forwarders, Custom Clearance, Custom Consultant And Land Transportation Service yamg berdomisili di Depok. Kami siap membantu Bapak / Ibu untuk menangani setiap aspek kebutuhan yang berhubungan dengan proses kepabeanan baik Impor maupun Ekspor.

    Services dari perusahaan kami antara lain :

    - Jasa Customs Clearance Import Via Udara

    - Jasa Customs Clearance Import Via Laut [LCL / FCL 20feet / 40feet dll]

    - Undername Export - Import

    - Borongan [[All-In] via Laut dan Udara]

    - Pengurusan Impor Door to Door

    - Domestik via Laut, Darat dan Udara ke seluruh Indonesia

    - Cara konsultasi gratis untuk mengimpor

    - Agensi: Asia, Eropa, Amerika, Afrika dan Australia

    Untuk melengkapi proses kepabeanan, kami memiliki beberapa ijin yang diperlukan. Antara lain :

    - PI BESI BAJA

    - PI KEHUTANAN

    - LS ELEKTRONIK

    - LS TEXTIL

    - LS PAKAIAN JADI



    Demikian Perkenalan dari kami, atas pertimbangan dan perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.




    Thank & best regards,
    BURHANUDDIN

    PT. BERLIAN LOGISTIK INDONESIA
    RUKO CITRAMAS
    JL. ALTERNATIF CIBUBUR NO. H2 DEPOK
    JAWA BARAT.
    TLP/WA : 0812 7973 199
    TELP ; 021-2867 6086
    Email : burhanuddin.import@gmail.com
    EMAIL :cs@berlianlogistikgroup.com
    WEB : www.berlianlogistikgroup.com

    ReplyDelete
  3. Dengan Hormat,

    Kami PT. Berlian Logistik indonesia merupakan perusahaan International Freight Forwarders, Custom Clearance, Custom Consultant And Land Transportation Service yamg berdomisili di Depok. Kami siap membantu Bapak / Ibu untuk menangani setiap aspek kebutuhan yang berhubungan dengan proses kepabeanan baik Impor maupun Ekspor.

    Services dari perusahaan kami antara lain :

    - Jasa Customs Clearance Import Via Udara

    - Jasa Customs Clearance Import Via Laut [LCL / FCL 20feet / 40feet dll]

    - Undername Export - Import

    - Borongan [[All-In] via Laut dan Udara]

    - Pengurusan Impor Door to Door

    - Domestik via Laut, Darat dan Udara ke seluruh Indonesia

    - Cara konsultasi gratis untuk mengimpor

    - Agensi: Asia, Eropa, Amerika, Afrika dan Australia

    Untuk melengkapi proses kepabeanan, kami memiliki beberapa ijin yang diperlukan. Antara lain :

    - PI BESI BAJA

    - PI KEHUTANAN

    - LS ELEKTRONIK

    - LS TEXTIL

    - LS PAKAIAN JADI



    Demikian Perkenalan dari kami, atas pertimbangan dan perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.




    Thank & best regards,
    BURHANUDDIN

    PT. BERLIAN LOGISTIK INDONESIA
    RUKO CITRAMAS
    JL. ALTERNATIF CIBUBUR NO. H2 DEPOK
    JAWA BARAT.
    TLP/WA : 0812 7973 199
    TELP ; 021-2867 6086
    Email : burhanuddin.import@gmail.com
    EMAIL :cs@berlianlogistikgroup.com
    WEB : www.berlianlogistikgroup.com

    ReplyDelete
  4. Kepada Yth,
    Bpk/Ibu Pimpinan Bag Import
    Div : Import-Export & Purchasing

    Dengan Hormat,
    Perkenalkan kami dari PT.JTRAN PERSADA, International Freight Forwarders, Customs Clearance, Customs Consultant And Land Transportation Service. Dengan kopetensi tinggi dalam semua aspek jasa pengangkutan, di dukung oleh jaringan yang luas, pelayaran dan Customs,
    PT .JTRAN PERSADA, memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menanggani setiap aspek kebutuhan pengiriman barang Import anda.




    New Service PT.JTRAN PERSADA Sbb :


    v Jasa Customs Clearance Import Via Udara ( Soekarno-hatta dan Halim Perdana Kusuma )

    v Jasa Customs Clearance Import Via Laut ( LCL / FCL 20feet / 40feet dll )

    v Jasa Undername Export-Import

    v Undername / perizinan import ( Perusahaan / Sewa )

    v Bea Import Glosir ( ALL-IN ) Via Laut dan Udara

    v Domestik Via Laut, Darat dan Udara ke Seluruh Indonesia

    v Cara konsultasi gratis untuk mengimport

    v Agensi : Asia, Eropa, Amerika, Afrika dan Australia



    Izin Yang Kami Miliki Antara Lain :


    v API dengan XX bagian HS

    v SPI ( Produk Kehutanan )

    v SPI / IT Besi baja ( SPI QUOTA )

    v LS ( Laporan Surveyor )

    v LS Alas kaki

    v LS Electronic

    v LS Mainan

    v LS Pakaian jadi

    v LS Garment



    Solusi yang kami berikan kepada pengusaha yang ingin impor barang tapi tidak punya legalitas import,
    Kami menyediakan legalitas tersebut dan kami sewakan sesuai kesepakatan antara pihak kami dengan pihak pengguna legalitas
    Demikian Penawaran dari kami, atas pertimbangan dan perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.


    --
    Tanks & Best Regards



    Andrian
    Div. Import
    WA. 081294054050

    PT. JTRAN PERSADA
    CIBUBUR TIME SQUARE RUKO MADISON
    Jl. Raya Transyogi Km. 3 B.3 Jati Karya , Jati Sampurna Kota Bekasi Jawa Barat
    Telp : 021 – 28674430
    Fax : 021 – 28674430
    Mobile : 081294054050
    Email : andrian.jtranpersada@gmail.com

    ReplyDelete
  5. Kepada Yth
    Mr,/ Ms,Pimpinan Perusahaan
    Dept Export – Import
    Di Tempat

    Dengan Hormat,
    kami atas nama PT.MAXINDO JAYA GEMILANG, Sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang jasa Customs Clearance Import, yang berdomisili di Bekasi siap menjalin kerjasama dengan pihak manapun terutama dalam hal Proses, Customs Clearace Import, baik via Udara maupun via Laut, dan sekaligus ingin menjadi mitra kerjasama di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin, baik perusahaan lokal maupun perusahaan International / asing.

    Terimakasih kami persembahkan kepada relasi atau pun customer kami yang selama ini selalu setia menjalin kerjasama dengan kami, dan selamat datang kami ucapkan kepada calon relasi / customer lainnya yang ingin bekerjasama dengan kami,kepercayaan dan kerjasama yang baik merupakan satu kebanggaan bagi kami:

    I. PRODUK JASA YANG KAMI TAWARKAN ANTARA LAIN:

    1. Jasa Customs Clearance Import Via Laut
    2. Jasa Customs Clearance Import Via Udara
    3. Jasa Customs Clearance Import Borongan ( Al-In )
    4. Jasa Door To Door Service
    5. Sewa Under Name / Consignee
    6. Domentics Service

    Demikianlah Perkenalan ini kami sampaikan, Atas perhatian dan kerja samanya yang baik kami ucapkan terima kasih.

    Thanks & Best Regards

    Edi M
    Import Dept
    PT. MAXINDO JAYA GEMILANG
    International Freight Forwarder Air & Sea
    Jl. Bintara IV No.18 Bekasi Barat 17134
    Telpon : 021-22814603
    Fax : 0 ALES@DEPOTKACANGINDONESIA.COM21-89461978
    HP/WA : 0813-11636546
    E-mail : edi.m@maxindojayagemilang.co.id, edimaxindojaya@gmail.com
    E-mail : info@maxindojayagemilang.co.id
    Web : www.maxindojayagemilang.co.id



    ReplyDelete