Friday, June 20, 2014

Pengertian MEDLINE(Medical Literature Analysis and Retrieval System Online )

 Dalam bidang medical atau medis, dimana cara dokter dapat menggunakan data data dari pasien yang sudah ada sehingga memiliki history untuk tindak lanjut terhadap pasien yang akan ditanganinya. Mencakup biologi, biokimia, kedokteran, keperawatan, farmasi, dsb. Fungsi MEDLINE merupakan sumber penting bagi peneliti dan jurnalis biomedis di seluruh dunia.

MEDLINE menggunakan MeSH ( Medical subject Headings ) untuk pencarian informasinya ( information retrieval ), menggunakan Boolean expression digabungkan dengan MeSH dimana dapat menemukan artikel yang mirip dengan yang diberikan didasarkan pada system matematika yang memperhitungkan kesamaan isi kata abstrak dan judul artikel.

System yang digunakan tidaklah friendly user, dimana pengguna yang tidak terbiasa menggunakan akan frustasi dengan jumlah artikel yang dikembalikan oleh mesin pencarian yang tidak semuanya digunakan dan tidak dijamin lengkap, dalam masa pencarian tersebut membutuhkan waktu yang lama dan hanya menerima istilah-istilah yang ada dalam MeSH dan apabila melakukan klik pada related articles menyebabkan memperluas pencarian dan menambah jumlah data yang dikembalikan tidak mengurangi yang diinginkan.

MEDLINE menggunakan system survey, dimana survey tersebut tidak boleh diclose dan dibiarkan terbuka selagi kita melakukan searching dan melakukan klik terhadap data yang kita cari, lalu dalam web browser yang baru tersebut akan mencatat dan melakukan ranking apa saja yang kita cari dan kita klik. Lalu kita memberikan penilaian dimana survey tersebut berkaitantentang web, role sebagai pencari, keyword, dsb ( Customer Satisfaction Survey )

No comments:

Post a Comment