Saturday, March 24, 2012

Latihan UTS RPL

1. tuliskan kembali definisi dari perangkat lunak?
jawab 
- Instruksi (program komputer) yang bila dieksekusi dapat menjalankan fungsi tertentu 
- Struktur data yang dapat membuat program memanipulasi informasi
- Dokumen yang menjelaskan operasi dan penggunaan program (Roger Pressman).

atau
Program komputer, prosedur, aturan, dan dokumentasi yang berkaitan dengannya serta data yang berkaitan dengan operasi suatu sistem komputer.

2. Mengapa untuk membuat perangkat lunak yang berkualitas dibutuhkan rekayasa perangkat lunak?
jawab
-Perangkat lunak yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan/dibutuhkan pemakai.
-Perangkat lunak dapat digunakan dan beroperasi dengan benar di lingkungan sebenarnya.
-Perangkat lunak memberikan manfaat bagi pemakai yang menggunakannya.
3. 
 sebagai panduan anda, lihat kamus data berikut:
Qset : query + id-query
Query : *command dari pengguna/aplikasi untuk mendapatkan/mengakses data*
ID_query : *penanda query*
Client_result : *hasil query yang akan ditampilkan ke client*
Qset_master : ['update'|'insert'|'delete'] *query yang diberikan ke server master untuk dieksekusi*
Qset_slave : ['select'] *query yang diberikan ke server slave untuk dieksekusi*
Master_result : *hasil query yang dieksekusi di server master*
Error_msg : [A-Z]{350} *pesan kesalahan yang muncul apabila query dari user salah sintaksnya*
Parse_qset : qset_id + qset
Qset_id : ['select'|'non-select']



4. Perhatikan executive summary dari suatu projek berikut 
Menginjak usia yang ke-21, yayasan pendidikan telkom (YPT) memiliki banyak jenis asset mulai dari tanah, bangunan, perangkat fisik seperti mobil dinas, komputer, meubel air, dan sebagainya.
sebagai induk organisasi yang menauingi lima institusi pendidikan (mulai dari IT Telkom, IM telkom, 
politeknik Telkom, Telkom pdc, dan stisi Telkom), dua radio(k-lite FM dan zora-FM) dan satu 
perusahaan yaitu PT.CSM, jumlah total asset yang dimiliki ypt grup bisa mencapai angka yang 
sangat fantastik baik dari segi jumlah ataupun nilai.  Mengamati hal tersebut, maka fakultas 
informatika IT telkom mengusulkan kepada YPT untuk mengembangkan asset management system 
(AMS) berbasis web yang bisa memudahkan stakholder YPT group dalam mengelola asset mulai dari 
proses pengadaan, pemesanan, penerimaan, asset dari rekanan sampai proses tracking keberadaan 
dan kondisi fisik asset. Sebagai tim anggota pembuat AMS, coba anda tuliskan di buku ujian anda 
kira requirement seperti apa yang dibutuhkan client(YPT):
a) functional Requirement (minimal 3 buah)
b) product requirement (minimal 3 buah)
c) organizational requirement (minimal 1 buah)
jawab
a) functional requirement
   - Menyimpan semua rincian data pengadaan pemesanan, penerimaan, asset dari rekanan , dan 
      kondisi fisik asset
    -Mencetak semua laporan dari asset yang berlangsung agar stakeholder dapat memantau kinerja
      dari masing" asset
    - Menyajikan informasi dari proses pengelolaan asset yang ada dan menampilkannya dalam
       bentuk laporan
b) product requirement
    -  server dan domain .com
    -  interface dengan codeigniter , jquery, dan basis data  oracle
    -  internet 
c) organizational requirement



5. Perhatikan permasalahan berikut.
deskripsi sistem :
IT Telkom akan membuat aplikasi presensi perkuliahan berbasis IT untuk menggantikan system 
pencatatan kehadiran mahasiswa dan dosen saat ini yang masih manual, sehingga seiring tidak 
terjadi ketidakakuratan data, keterlambatan pemrosesan data, manipulasi data oleh pihak pihak 
yang tidak berhak.
Aplikasi ini menggunakan teknologi RFID untuk mendapatkan pola sidik jari dosen dan mahasiswa 
sebagai data input, memporses data input dengan kecepatan tinggi, kemudian menyimpan hasilnya 
dakan database yang aman(secure). Dari database tersebut, dapat degenerate laporan yang 
bermakna dan sesua kebitihan dari pengguna laporan yaitu pimpinan IT Telkom

Fungsional utama dari aplikasi tersebut :
pembelajaran / pelatihan
proses yang dilakukan untuk menghasilkan komputer yang cerdas karena telah memiliki
 pengetahuan / knowledge
input : pola sidik jari dari semua mhs dan dosen ( @ 3 pola)
output : database pengetahuan / knowledge
pengenalan . deteksi
proses untuk mendeteksi pola jari seseorang dan mengenali itu milik siapa, berdasarkan 
pengetahuan/ knowledge yang telah dimilikisebelumnya.
input L pola sidik jari yang akan dikenali (saat presensi kuliah)
output L tampil nama dari pemilik dan menyimpan data presensi tersebut dalam database
pelaporan
proses untuk membuat laporan presensi sesuai kebutuhan dan periode tertentu
input : tanggal awal, tanggal akhir, kode MK, kode dosen (misal)
output : tampil jumlah kehadiran dosen tersebut dan jumlah kehadiran tiap mahasiswa yang berada 
dalam kelas tersebut

Tugas anda, buat model analisis dari aplikasi tersebut meliputi (tools pemodelan) : 
context diagram, data flow diagram, data dictionary, serta proses specification untuk satu proses 
atomic saja.
beberapa hal yang menjadi batasan dalam model yang anda buat:
- perhatikan ketersediaan waktu yang dimiliki
- kerunutan, validitas, dan kelengkapan model menjadi acuan utama dalam pembuatan dan 
penilaian( harus meiliputi ke empat tools pemodelan di atas)
- jumlah bubble / proses pada Dfd tidak dibatasi tiap levelnya
-jumlah level tidak dibatasi
-data input aplikasi : pola sidik jari
-data output aplikasi L tampil nama pemilik sidik jari tersbut dalam laporan kehadiran dosen dan 
mahasiswa
untuk hal- hal yang tidak tercantum dalam deskripsi sistem di atas, anda dapat mencamtumkan 
asumsi-asumsi sehingga memperjelas model yang anda buat dan membuat batasan dari sistem yang 
anda modelkan.
  

Jawab
Context diagram


Data flow diagram level 1

Data dictionary
1.       Pola sidik jari
2.       Sidik jari = @id_sidik_jari
3.       Dosen = @id_sidik_jari + nama_dosen+presensi
4.       Mahasiswa = @id_sidik_jari + nama_mahasiswa + presensi
5.       Presensi = presensi + 1
6.       Perkuliahan = @id_perkuliahan + kode_MK + nama_dosen +jumlah mahasiswa+tanggal
Proses specification
1.       Dosen memberikan sidik jari
2.       Mencari data dosen sesuai sidik jari
3.       Mahasiswa memberikan sidik jari
4.       Mencari data mahasiswa sesuai sidik jari
5.       Pemrosesan terhadap dosen dan mahahsiswa diiringi dengan data perkuliahan yang terdiri dari nama dosen, kode MK, jumlah mahasiswa dan tanggal perkuliahan
6.       Rekam data kehadiran ke basis data : update kehadiran dosen dan mahasiswa
7.       Menampilkan data mahasiswa dan dosen berupa laporan

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. dalam kamus data..
    penjelasan pola sidik jari dicoret karena sidik jari adalah benda yang real, jadi yang dimasukkin ke datanya tuh id sidik jarinya
    mengapa dosen dan mahasiswa memakai id sidik jari tidak memakai id mahasiswa atau dosen, karena asumsi saya yang akan kita cari bersumber dari sidik jari, jadi sidik jari dijadikan primary key

    ReplyDelete