Sunday, March 25, 2012

Model Proses dalam RPL

Rekayasa Perangkat Lunak - Model Proses


Waterfall model

penjelasan :
Ada lima tahap dalam model waterfall, yaitu: Requirement Analysis, System Design, Implementation, Integration & Testing, Operations & Maintenance. Sesuai dengan namanya waterfall (air terjun) maka tahapan dalam model ini disusun bertingkat, setiap tahap dalam model ini dilakukan berurutan, satu sebelum yang lainnya (lihat tanda anak panah). Selain itu dari satu tahap kita dapat kembali ke tahap sebelumnya.



Linear model

penjelasan :
model ini dilakukan secara sekuensial melakukan iterasi tidak langsung . jadi pertahap diselesaikan dalam masing" proses. Hal ini berakibat bila ada perubahan yg diragukan pd saat proyek berjalan.



Incremental model

penjelasan :
Model incremental menggabungkan elemen-elemen model sekuensial linier (diimplementasikan secara berulang) dengan filosofi prototype interatif. Model ini memakai urutan-urutan linier di dalam model yang membingungkan, seiring dengan laju waktu kalender. Setiap urutan linier menghasilkan pertambahan perangkat lunak yang kemudian dapat disampaikan kepada pengguna.




RAD model

penjelasan : Proses pembangunan PL yang incremental. RAD menekankan pada siklus pembangunan yang pendek/singkat.
Kelemahan dalam model ini:
1.tidak cocok untuk proyek skala besar
2. proyek bisa gagal karena waktu yang disepakati tidak dipenuhi
3.sistem yang tidak bisa dimodularisasi tidak cocok untuk model ini
4. resiko teknis yang tinggi juga kurang cocok untuk model ini
Tahapan-tahapan RAD :
1.Business modelling
2.Data modelling
3.Process Modelling
4.Application Generation
5.Testing and Turnover



 


Prototype model

Penjelasan: Pendekatan dalam rekayasa perangkat lunak yang secara langsung mendemonstrasikan bagaimana sebuah perangkat lunak atau komponen-komponen perangkat lunak akan bekerja dalam lingkungannya sebelum tahapan konstruksi aktual dilakukan.













Spiral model

Penjelasan: Proses software yang evolusioner yang merangkai sifat iteratif dari prototipe dengan cara kontrol dan aspek sistematis dari model sekuensial linier. pendekatan yang paling realistik untuk sistem skala besar. Metode ini menggunakan pendekatan evolusioner, sehingga pelanggan dan pengembang dapat mengerti dan bereaksi terhadap suatu resiko yang mungkin terjadi.





V-shapes model

penjelasan : proses digunakan untuk projek yang ukuran yang kecil atau medium , model nya sama seperti waterfall tetapi yang membedakan dalam setiap proses ini, dalam proses ini memiliki akomodasi yang banyak dalam perencanaan untuk menguji dan setiap tahapannya harus di uji, setiap proses harus jelas











Rational Unified Process


penjelasan :RUP menetapkan 4 phases development, sejumlah iterasi dilakukan terpisah yang harus memenuhi kriteria yang telah ditetapkan sebelum untuk melakukan tahap berikutnya


No comments:

Post a Comment